03 Desember 2010

Taktik Tangan Kosong: Melawan Satu Musuh Bersenjata



Bentuk ini termasuk bentuk pertarungan yang amat teknis dan berat. Oleh karena itu, relatif sulit menerangkannya dengan kata-kata. Saya menganjurkan Anda untuk berlatih dengan pelatih terpercaya secara intensif untuk mengalahkan lawan yang bersenjata.

Senjata dapat dibagi 3: senjata api, senjata tajam, dan senjata tumpul. Yang akan kita bahas di sini adalah senjata tajam dan senjata tumpul. Senjata api merupakan bagian polisi dan tentara.

Pada prinsipnya Anda mesti mendekat untuk mengalahkan lawan semacam ini. Jika tidak mungkin untuk menangkap, Anda cukup menangkis atau menghindar dulu dari tebasan/tusukan. Begitu ada kesempatan, tangkap pergelangan tangan yang memegang senjata.

Kini Anda punya dua pilihan. Pertama, Anda menerapkan teknik patahan untuk mematahkan tangan lawan dan menjatuhkan senjatanya. Kedua, Anda membanting lawan terlebih dahulu. Ketika lawan jatuh, Anda melucuti senjatanya.

Pada dasarnya ini bukan satu-satunya prinsip. Banyak prinsip yang telah dikembangkan para ahli bela diri. Namun inilah prinsip yang paling mudah dipahami bagi praktisi pemula.

Bila Anda ingin melihat demonstrasi bela diri melawan musuh bersenjata, kunjungilah youtube.com dan di kotak search isilah "disarming a knife" atau "disarming techniques". Kemudian tekan enter atau klik search. Anda akan disodori banyak video yang bisa Anda tonton. Mungkin ada gunanya untuk memberikan gambaran bagaimana melawan seorang lawan bersenjata.

Sekali lagi, berlatihlah secara intensif dengan pelatih bela diri terpercaya untuk mempersiapkan diri melawan musuh yang bersenjata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar