02 Desember 2012

Senjata Sepanjang Masa

Suatu hari saya membaca koran di rumah. Di sebuah artikel, seorang ahli senjata berpendapat bahwa sebagian senjata dan peralatan perang sekarang ini adalah turunan dari senjata/peralatan perang zaman dahulu. Misalnya rompi anti peluru idenya diambil dari baju besi zaman pertengahan. Perisai taktis yang sering digunakan polisi idenya diambil dari perisai perang zaman dahulu.

Lebih menarik lagi, ia menyebutkan sebuah senjata yang menurutnya adalah senjata sepanjang masa. Dari zaman purba, zaman pertengahan, awal zaman moderen, sampai zaman nuklir sekarang ini masih dibawa tentara di pinggangnya. Walaupun bukan sebagai senjata utama. Senjata ini adalah pisau.

Lantas Anda mungkin bertanya,"Pak Hairan, apa hubungannya pisau sebagai senjata dengan bela diri?'.

Tentu saja ada. Mengingat pisau digunakan sepanjang masa sebagai senjata pertempuran atau pertarungan, setidaknya ada 3 hal yang perlu kita pelajari di sini.

Pertama, melawan pisau dengan tangan kosong. Kedua, menggunakan pisau melawan pisau. Ketiga, menggunakan pisau melawan senjata-senjata lainnya.

Praktisi bela diri, pelajarilah 3 hal di atas. Mengingat pisau adalah senjata yang praktis dan dibawa baik oleh tentara maupun kriminal. Senjata pertarungan sepanjang masa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar