15 Mei 2012

Tiga Prinsip Memenangkan Pertarungan Bersenjata Tajam

Ada tiga macam senjata yang lazim digunakan di dalam pertarungan. Senjata tumpul, senjata tajam, dan senjata api. Kali ini kita membahas pertarungan senjata tajam melawan senjata tajam.

Senjata tajam banyak ragamnya. Pedang, golok, clurit, trisula, pisau, kerambit, dan lain-lain. Dan berbagai teknik telah dikembangkan di sini. Walaupun banyak teknik untuk menang, tidak pernah menyimpang dari tiga prinsip atau kaidah berikut ini.

Pertama, cara langsung. Yaitu mengalahkan lawan dengan cara menyerang langsung ke anggota badan yang fatal jika terkena serangan senjata tajam. Baik menyerang lebih dahulu atau sesudah menangkis/menghindari serangan lawan.

Kedua, cara tidak langsung. Yaitu mengalahkan lawan dengan cara menjatuhkan senjata lawan terlebih dahulu. Biasanya dilakukan dengan menebas tangan lawan yang memegang senjata saat ia melakukan serangan. Sesudah senjata lawan jatuh, kita dengan mudah mengalahkannya.

Ketiga, cara alternatif. Yaitu mengalahkan lawan dengan teknik lainnya. Misalnya dengan tiba-tiba menyapu kaki lawan hingga ia jatuh. Saat ia jatuh dan kehilangan posisi, kita bisa melanjutkan dengan serangan yang menentukan. Atau menggunakan tangan kita yang tidak memegang senjata untuk menangkap dan memelintir tangan lawan yang bersenjata. Saat ia terpelintir dan kehilangan posisi, kita bisa melanjutkan dengan serangan yang menentukan. 

Demikianlah tiga prinsip atau kaidah untuk memenangkan pertarungan bersenjata tajam. Mudah-mudahan menambah pengetahuan para pecinta bela diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar