28 November 2011

Silat Suffian: Peragaan Melawan Musuh Bersenjata Tajam



Di atas adalah video peragaan melawan musuh bersenjata pisau menurut Silat Suffian. Silat Suffian adalah silat yang populer di Brunei Darussalam. Sekali lagi, saya mengingatkan untuk berlatih dengan pelatih bela diri yang terpercaya untuk melawan musuh bersenjata tajam. Bukan hanya dengan menonton video peragaan bela diri.


Oh ya, mungkin pembaca menjadi bingung mengapa namanya hanya Silat, bukan Pencak Silat. Menurut legenda yang beredar dari mulut ke mulut, dulu kala di Nusantara ada dua bela diri yang populer, yaitu Pencak dan Silat. Pencak adalah bela diri keras menyerang seperti Karate, sedangkan Silat adalah bela diri bertahan yang banyak mengandalkan bantingan dan kuda-kuda berat. Oleh seorang ahli bela diri yang tidak dikenal namanya, dua bela diri ini disatukan dan dinamakan Pencak Silat. Kemungkinan Silat Suffian adalah silat yang masih asli, yang belum digabung dengan pencak. Itulah jawabannya menurut penulis.

Namun patut pula diketahui bahwa kadang-kadang Pencak Silat juga hanya disingkat dengan satu kata, Silat. Ini adalah hal yang lazim di dunia persilatan Nusantara ini.

Selamat menikmati. Ingatlah bahwa video di atas ditayangkan untuk keperluan informasi dan hiburan. Bila ingin belajar melawan musuh bersenjata, berlatihlah dengan pelatih bela diri yang terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar